Wisata Pantai Puger terletak 36 km sebelah barat daya dari pusat kota Jember. Pantai ini terkenal dengan tempat pelelangan dan penjualan ikan. Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan laut tetapi juga melihat beberapa barisan Kapal kayu tradisional. Anda juga dapat membeli ikan segar dari nelayan di sekitar pantai atau bahkan mencoba untuk memancing di laut dengan menggunakan kano. Pantai ini menyajikan keindahan alam pantai yang sangat mengagumkan dan eksotis. Dari segi kealamiannya, pantai ini mirip dengan pantai Bandealit. Pantainya pun bersih dari sampah.

Lokasi Pantai Puger
Pantai Puger terletak di Desa Puger, Kecamatan Puger Kulon, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Lokasi pantai ini pun sangat mudah dijangkau, berbeda dengan pantai Bandealit yang sulit dijangkau. Jadi, pantai ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk menikmati nuansa alami pantai, bila Anda kesulitan mengunjungi pantai Bandealit, pergilah ke pantai Puger.

Keunikan Pantai Puger
Tempat pelelangan ikan yang ada di pantai ini menjadi salah satu keunikan dari pantai Puger ini. Jika Anda ingin berwisata ke pantai untuk menikmati nuansa alami pantai sambil lalu menyantap hidangan ikan laut yang masih segar, pantai Puger tempatnya. Pantai Puger dikenal sebagai tempat ikan segar hasil tangkapan nelayan jadi soal rasa pastinya berbeda dengan pantai-pantai yang lainnya.

Lalu, bagi Anda yang hobi memancing, pantai Puger adalah tempat terbaik di Jember untuk memancing ikan laut. Tidak sedikit pengunjung yang jauh-jauh mendatangi pantai ini hanya untuk memancing ikan. Memancing ikan dengan disuguhi pemandangan yang indah, sungguh menarik bukan?

Selain keunikan tersebut, pantai Puger juga memiliki ciri khas lain yang tidak kalah unik, yaitu ritual Larung Sesaji. Setiap tahunnya, ritual Larung Sesaji dilakukan oleh masyarakat setempat. Ritual ini dilakukan bertujuan untuk keamanan bagi para nelayan yang mencari ikan di laut.

Dalam ritual Larung Sesaji, masyarakat setempat melakukan upacara melarung nasi tumpeng beserta buah-buahan ke laut. Hal ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan. Dan memang, pantai Puger dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah-ruah.

Tiket Masuk Pantai Puger
Jika anda ingin berwisata ke pantai Puger, maka Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 rupiah per orang untuk tiket masuk. Sedangkan untuk parkir motor dikenakan tarif Rp. 2.000 dan untuk mobil Rp. 5000 rupiah

Bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, pantai Puger ini menjadi tempat yang pas untuk memanjakan hobi karena di sisi sebelah dalam airnya cukup tenang dan menjadi tempat yang tepat untuk memancing sambil bersantai menunggu umpan disantap ikan. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa perahu Nelayan berlayar ke Pulau Nusa Barong untuk sensasi memancing yang lebih menantang